-->

Dari Masa ke Masa | Periode K.H. Hasan Basri/Drs. H. Hariri Hady, M.A.



K.H Hasan Basri
Ketua Umum YPI Al Azhar

Berdasarkan Surat Keputusan Formatur Al-Azhar Nomor 1/FOR/YPI/KEP/1403-1983 tertanggal 14 Dzulhijjah 1403/21 September 1983, ditetapkan susunan kepengurusan YPI Al-Azhar terdiri atas 17 orang, yakni K .H. Hasan Basri (Ketua Umum), H.M. Yunan Nasution (Ketua I), Ibu RABS Sjamsuridjal (Ketua Il), K .H. Abdullah Salim (Sekretaris Umum), Ir. A.M. Luthfi (Sekretaris), Ir. Kuntoadjie (Bendahara), ditambah 6 orang anggota, masing-masing Mr. Sjafruddin Prawiranegara, Mochtar Zakaria, S.H. Maulwi Saelan, dan Prof. Dr. Sujudi. Kepengurusan ini dilengkapi dengan 5 Ketua Bagian, yaitu Bagian Kemasjidan (K.H. Hasan Basri), Bagian Pendidikan/Perguruan (Prof. Dr. Deliar Noer), Bagian Pemuda (Rusydi Hamka), Bagian Kesehatan (dr. Yose Riz.al), dan Bagian Akademi/Kursus/Bimbingan Masyarakat (K.H. Abdullah Salim).
K.H. Hasan Basri terhitung orang yang akrab dengan Buya HAMKA. Tokoh kelahiran Muara Teweh (Kalimantan Tengah) ini pertama kali bertemu dan mengenal Buya HAMKA ketika
usianya baru 17 tahun dan Buya HAMKA 30 tahun pada saat imtihan (ujian kenaikan kelas) Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah di Banjarmasin, Agustus 1938.
HAMKA hadir pada imtihan itu sebagai salah seorang tokoh dan muballigh Muhammadiyah yang terkenal; sedangkan Hasan Basri terpilih mewakili para peserta didik menyampaikan pidato selamat datang bagi HAMKA dalam bahasa Arab. Sejak peristiwa tersebut, muncul hasrat dalam diri Hasan Basri untuk bisa seperti, dan mendampingi, HAMKA.
Doa remaja 17 tahun itu rupanya dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Pada pertengahan 1975, K.H. Hasan Basri terpilih sebagai salah seorang Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendampingi Buya HAMKA yang terpilih menjadi Ketua Umum MUI. Pada 1976 Ketua Y PI Al-Azhar, Buya HAMKA, meminta dan memberi amanah kepada Hasan Basri untuk menjadi Ketua Harian YPI Al-Azhar.
Dengan kedekatan hubungan seperti itu, tidak sulit bagi K. H. Hasan Basri untuk melaniutkan perjuangan Buya HAMKA dalamI YPI Al-Azhar. Apalagi bagi K. H. Hasan Basri, "Semakin terasa kemakmuran Masjid Al-Azhar diakui oleh umat, maka semakin pula adanya kelemahan dan kekurangan. Sikap yang baik adalah memberikan untuk pembaruan dan perbaikan untuk meningkatkan amal shaleh yang berrnanfaat dan tepat guna bagi umat Islam."
Selain melestarikan sernua hal yang baik yang telah dicapai oleh para pemimpin YPI Azhar sebelumnya, YPI Al-Azhar di bawah kepemimpinan K. H.. Hasan Basrl, juga berupaya keras untuk meningkatkan kualitas YPI Al-Azhar. Dalam hubungan ini ada dua peristiwa yang penting dicatat di masa kepemimpinan K.H. Hasan Basri.
Peristiwa pertama adalah nyaris lepasnya nama Al-Azhar dari YPI. Alhamdulillah berkat langkah sigap K.H. Hasan Basri, nama Al-Azhar tetap melekat dan menjadi hak paten YPl. Dan dengan penuh kearifan, K.H. Hasan Basri mengizinkan fihak yang bersengketa dengan YPI Al-Azhar untuk menggunakan nama Al-Azhar dengan syarat harus mencantumkan dan menggandengkannva dengan nama yayasannya.
Penggunaan nama "Al-Azhar" secara melanggar hukum oleh fihak lain, tidak terjadi sekali itu saja. Di masa kepemimpinan Drs. H. Rusydi Hamka (2002-2007) tercatat ada dua kasus yang sama, yaitu yang dilakukan oleh Yayasan Al-Azhar Lampung dan Yayasan Pendidikan Islam Acprilesma, Jakarta Timur. Pada Yayasan Al-Azhar Lampung dilakukan penyelesaian dengan menjalin kerja sama dalam format tersendiri, pada yang Yayasat Pendidikan Acprilesma, Jakarta Timur, dengan terpaksa YPI Al-Azha memasukkan kasus ini ke pengadilan.
Peristiwa kedua terjadi pada periode 1413-1416/1992-1995 berupa peneguhan tekad untuk mewujudkan gagasan yang sudah mulai dirintis perwujudannya oleh Buya HAMKA dan kawan-kawan pimpinan YPI Al Azhar. Di bawah kepemimpinan K.H. Hasan Basri diselesaikan sebuah dokumen penting perumusan "Pembentukan dan PengembanganPendidikan Tinggi Al-Azhar" yang di dalamnya berisi rencana Proyek Pengembangan Pendidikan Tinggi disingkat Proyek PPT YPI Al-Azhar. Dalam PPT YPI Al-Azhar itu dideskripsikan program lima tahun pengembangan pendidikan tinggi secara bertahap sesuai kebutuhan dan kelayakan. Proyek PPT YPI Al-Azhar diharapkan terlaksana dalam jangka waktu 1996-2000.
Di tengah semangat untuk, dalam kalimat K.H. Hasan Basri: "meningkatkan amal shaleh yang bermanfaat dan tepat guna bagi umat Islam," tokoh yang juga menjabat sebagai Ketua Umum MUI itu, pada 8 November 1998 berpulang ke rahmatullah. Kepergian K.H. Hasan Basri yang teduh adalah kehilangan besar bukan saja untuk Y PI Al-Azhar, tetapi juga untuk umat Islam dan bangsa Indonesia. Meskipun merasakan kehilangan besar, akan tetapi perjuangan dan cita-cita Almarhum harus dilanjutkan. Maka, kepemimpinan YPI Al-Azhar dilanjutkan oleh Ketua I, Hariri Hady (lahir 1930) satu-satunya pendiri YPI Al-Azhar yang masih hidup. Kepemimpinan Hariri Hady berakhir pada 5 Dzulqaidah 1419 bertepatan dengan 21 Februari 1999.
Periode ini mengakhiri perkhidmatannya dengan warisan yang sangat berharga, yaitu Surat Keputusan No. IV Tahun 1999 tentang Tim Pendirian Perguruan Tinggi Islam Al-Azhar yang "bertugas menyelesaikan perencanaan, persiapan pendirian, pelaksanaan pembukaan dan promosi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), antara lain: (a) menghubungi instansi
terkait, (b) menghubungi calon-calon tenaga pengajar, (c) menyelesaikan penyusunan dan menyampaikan proposal lengkap tentang rencana pendirian UAI kepada YPI Al-Azhar, (d) melaksanakan presentasi pembukaan di hadapan Kopertis/Dikti, dan (e) melaksanakan pembukaan dan promosi untuk masa perkuliahan 2000-2001. "
Warisan tidak ternilai ini merupakan perwujudan dari rekomendasi Rapat Kerja YPI Al-Azhar, 9-21 Februari 1999 di Ciawi, Bogor, yang menandai berakhirmya masa kepemimpinan K.H. Hasan Basri dan Hariri Hady, M.A.



Buku : Enam Puluh Tahun YPI Al Azhar (7 April 1952 - 7 April 2012)
Bab : II
Penulis : Lukman Hakiem

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dari Masa ke Masa | Periode K.H. Hasan Basri/Drs. H. Hariri Hady, M.A."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel